Rabu, 08 Maret 2017

Ayo Bermain Dan Bergembira Bersama Permainan Tradisional (Oray - Orayan) Khas Jawa Barat

Indonesia adalah negara negara yang terdiri atas berbagai macam suku bangsa yang tentunya memiliki kebudayaan yang khas pada setiap daerahnya kebudayaan tersebutlah yang akhirnya memunculkan kebiasaan - kebiasaan yang berbeda - beda, kebiasaan apakah itu ? Salah satu contoh kebiasaan itu adalah kebiasaan bermain anak - anak di setiap wilayah yang ada di negeri kita tercinta Indonesia yang terkenal dengan berbagai macam permainan anak yang khas di setiap daerahnya.

Permainan tradisional adalah permainan yang pada umumnya dimainkan tidak hanya oleh satu atau dua orang anak saja namun dimainkan oleh banyak anak sehingga dapat menciptakan sensasi keseruan setiap memainkannya, salah satu permainan tradisional yang akan kami angkat sebagai pembahasan dalam nostalgia masa kecil ini adalah permainan tradisional oray - orayan.


Gambar 1 Permainan Oray - Orayan

Mari kita kembali bernostalgia pada tahun 90-an, masih ingatkah anda dengan permainan - permainan yang pernah anda mainan sewaktu kecil semasa anak - anak dulu ? Permainan apakah yang pernah anda mainkan sewaktu kecil dulu ? Coba anda ingat kembali kami akan mencoba untuk mengingatkan anda mungkin anda pernah mendengar permainan ini " Oray - Orayan " mungkin permainan ini terdengar asing di telinga anda tetapi mungkin tidak untuk masyarakat Jawa Barat.

Tetapi anda juga mungkin mengenal permainan ini dan mungkin juga anda pernah memainkannya hanya saja dengan nama permainan yang berbeda permainan " Oray - Orayan " ini jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah " Ular - Ularan " kira - kira di daerah tempat tinggal anda apa ya namanya ? Tentunya di setiap daerah mempunyai nama permainan tersendiri yang mencerminkan kekhasan dari setiap daerahnya.

Seperti yang mungkin telah anda ketahui sebelumnya bahwa masyarakat asli Jawa Barat (Sunda), yang pada umumnya memiliki sifat atau karakteristik yang khas yang dikenal dengan sifat Someah yang artinya ramah, baik dan dapat membahagiakan orang, baik orang yang dikenalnya ataupun bahkan kepada orang yang belum dikenalnya. Dan juga budaya kesopanan dan kebersamaan yang selalu dijaga, dilestarikan dan juga dijunjung tinggi oleh setiap masyarakat Sunda.

Seperti halnya permainan tradisional dari daerah lain permainan tradisional khas Jawa Barat yang satu inipun, memiliki ciri khas yang kental dengan budaya masyarakat Jawa barat yang terkenal dengan budaya sosialisasi yang ramah dengan sebutan someah seperti yang telah kami singgung sebelumnya yang juga tercermin di dalam permainan oray - orayan ini.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika anda mulai untuk bermain dan mengajak keluarga anda untuk bermain bersama permainan tradisional yang satu ini, dan rasakan keseruannya sendiri sehingga anda dapat merasakan energi positif yang ada dalam diri anda setelah bermain. Ciptakanlah keseruan dan kebahagiaan untuk diri anda juga keluarga anda.

Terima kasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel ini semoga apa yang kami bagikan dapat memberikan manfaat untuk anda dan anak anda sekalian, mulailah untuk melestarikan kebudayaan bangsa anda selamat bernostalgia bermain dan bergembira bersama anak anda.

Oleh : Ayuni Sena
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi
1. https://coratcoretsofie.blogspot.co.id/2014/08/permainan-ular-ularan.html?m=1
2. http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/1511/permainan-oray-orayan

Gambar
1. http://3.bp.blogspot.com/--NfJjJBlbkw/U7LICCS0QRI/AAAAAAAAAJI/Bm9EfTrGhDE/s1600/ular+naga.jpg

Related Posts :