Selasa, 09 Agustus 2016

Mengenal Metode Pengundian Dalam Permainan Tradisional

Permainan tradisional yang ada di masing-masing daerah tidak hanya kaya dari segi jenis saja yang beragam akan tetapi juga memiliki banyak aturan serta metode yang dipakai. Selain itu dalam melakukan permainan tradisional biasanya para peserta atau orang-orang yang bermain akan membuat semacam undian terlebih dahulu untuk menentukan giliran yang bermain nantinya. Pada artikel ini coba mengulas mengenai memulai permainan tradisional dengan metode dilakukan pengundian terlebih dahulu. Tujuannya agar permainan tradisional yang dimainkan nantinya akan berjalan sportif dan juga menghindari kecurangan.

Pengundian dalam banyak jenis permainan tradisional itu diperlukan guna dapat menentukan siapa yang mendapat kesempatan pertama untuk memulai permainannya. Dalam penentuan undian pada permainan tradisional biasanya mengandalkan peran wasit untuk dapat memilih pemain atau kelompok mana yang mendapat giliran pertama. Ada pula yang dilakukan tanpa wasit dengan masing-masing pemain atau kelompok yang diwakilkan melakukan undian menggunakan cara yang telah ditentukan sebelumnya. Biasanya permainan tradisional yang menggunakan metode pengundian sebelum memulai permainan ada banyak sekali seperti petak umpet, patok lele, lompat tali, congklak, dan masih banyak lagi.


Gambar I: Metode pengundian dengan suit atau suten

Di berbagai daerah yang terdapat permainan tradisionalnya memiliki ragam metode yang berbeda-beda untuk mengundi para pemain yang akan bertanding. Akan tetapi lazimnya yang dikenal secara umum di berbagai daerah terdapat cara atau metode mengundi yang populer ialah dengan sistem suit atau suten atau nama lainnya disebut juga dengan sistem hom-pim-pah. Pada suit atau suten media yang dipergunakan adalah tiga jari yang ada di tangan yakni jempol, telunjuk, dan kelingking. Adapun makna dari ketiga jari tersebut adalah jari jempol dimaknai sebagai gajah yang akan menang melawan telunjuk, jari telunjuk diartikan sebagai manusia yang akan menang melawan jari kelingking, dan jari kelingking dimaknai sebagai semut yang akan bisa mengalahkan jari jempol. Sistem suit yang dipergunakan untuk pengundian pemain perorangan atau kelompok yang bertanding biasanya hanya bisa dijalankan oleh dua orang saja.


Gambar II: Metode pengundian dengan cara hom pim pah

Akan tetapi beda halnya dengan memakai sistem hom pim pah yang dapat dipakai lebih dari dua orang untuk penentuan pengundiannya. Pada sistem hom pim pah yang juga menggunakan media tangan tidak memakai sistem jari yang ada dalam suit melainkan hanya menggunakan telapak tangan dan bagian atas tangan. Adapun istilah yang ada pada hom pim pah adalah hitam dan putih yang mana sebagai putih adalah bagian telapak tangan sedangkan bagian atas tangan sebagai hitam. Dalam penentuan siapa yang menang ataupun kalah maka terlebih dahulu dipilih warna apa yang disebut menang dan kalah. Misalnya, jika para pemain yang terdiri 5 orang sepakat memilih putih atau telapak tangan yang muncul sebagai pemenang maka yang hitam sudah tentu akan kalah.

Sedangkan metode yang digunakan untuk melakukan pengundian dalam permainan tradisional tidak hanya memakai sistem suit atau hom pim pah akan tetapi ada banyak lagi. Adapun sistem lainnya dalam pengundian permainan tradisional biasanya memanfaatkan berbagai jenis media yang di sekitarnya. Misalnya memanfaatkan alat yang dipakai dalam permainan tradisional yang akan dimainkan seperti kelereng, tempurung, dan lainnya. Di samping itu pengundian yang dilakukan untuk menentukan giliran dalam permainan tradisional dalam penyebutannya ada yang sengaja diberi nama seperti suit atau suten dan juga tanpa nama. Akan tetapi walaupun ada atau tidak adanya nama untuk penyebutan pengundian tetap saja dalam memulai pertandingan permainan tradisional akan menggunakan metode pengundian sebagai sarana agar permainannya nanti berjalan lancar.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber Tulisan:
Direktorat Permuseuman, Permainan Tradisional Indonesia, (tanpa kota penerbit: Dirmus, 1998).
Sumber Gambar:
1. http://www.anibee.tv/news/id/games-hobby/5782/apakah-kalian-tahu-sejarah-tentang-suit-jepang-batu-gunting-dan-kertas
2. http://img.bhs4.com/19/8/198fc2f459c9bd4e6c1b78f4b0a2e043fd093033_large.jpg

Related Posts :