Senin, 08 Agustus 2016

Asyiknya Bermain Lari Kelereng

Dalam memeriahkan perayaan hari kemerdekaan Indonesia di berbagai daerah selalu dihiasi dengan mengadakan beragam perlombaan yang diikuti oleh segala usia. Perlombaan yang dibuat ada banyak jenisnya yang salah satunya adalah dengan bermain lari kelereng. Permainan lari kelereng memang merupakan salah satu jenis permainan yang selalu ada saat mengadakan perlombaan 17 Agustus-an. Karena itu menjadikan permainan lari kelereng memiliki umur yang sudah cukup tua di samping yang memainkannya pun juga sangat banyak sekali dan tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia.

Permainan lari kelereng adalah permainan yang sifatnya lomba lari tapi dengan membawa kelereng yang ditaruhkan di atas sendok makan sambil menggigit bagian pangkalya. Permainan lari kelereng biasanya diikuti lebih dari dua orang atau sekurang-kurangya dimainkan oleh dua orang yang berjalan cepat sambil menggigit sendok yang di atasnya ada satu buah kelereng. Uniknya permainannya ini adalah para pemain yang dinyatakan kalah ataupun gugur bila pemain lain telah sampai digaris akhir atau finish yang telah ditentukan. Selain itu jika dalam berjalan kelereng yang ada pada sendok terjatuh maka otomatis pemain yang bersangkutan dinyatakan gugur atau kalah.


Gambar: Permainan Lari Kelereng

Di samping itu juga, dalam membawa kelereng yang di taruh di atas sendok para pemainnya dilarang untuk memegang apalagi hanya sekedar menyentuhnya. Untuk itu dalam permainan lari kelereng ini sangat dibutuhkan konsentrasi dari para pemainnya untuk tetap berhati-hati dalam membawa sendok yang berisikan kelereng agar jangan sampai terjatuh sebelum melewati garis finis. Oleh karena itu lebih lanjut diterangkan mengenai metode permainannya termasuk juga hal-hal apa saja yang mesti dipersiapkan bagi siapapun yang ingin memainkan permainan lari kelereng.

Metode permainan

Pada permainan lari kelereng pertama sekali harus menyiapkan terlebih dahulu alat-alat yang menjadi perlekengkapannya. Adapun hal-hal yang mesti dipersiapkan sebelum bermain lari kelereng adalah sebagai berikut:

  • Kelereng atau guli
  • Sendok
  • Dan juga ember atau baskom berukuran besar.

Setelah mempersiapkan segala alat-alat yang diperlukan tadi maka selanjutnya memilih cara bermain lari kelereng. Yang selama ini berkembang di masyarakat bahwa permainan lari kelereng memiliki dua cara dalam memainkannya. Adapun penjelasan dari kedua cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Membawa kelereng yang diletakkan pada sebuah sendok makan menuju garis finis yang telah ditentukan. Sesiapapun yang berhasil melewati garis finis dengan kelereng masih berada di atas sendok maka dialah pemenang dari perlombaan lari kelereng.
  • Adapun cara yang lain dengan memakai sistem estafet yang dilakukan secara berkelompok untuk membawa kelereng yang ada di atas sendok lalu menyerahkan kepada pemain lainnya dan selanjutnya mengumpulkannya pada sebuah wadah seperti ember ataupun baskom berukuran besar. Untuk cara yang ini dalam penentuan pemenangnya adalah dengan melihat jumlah kelereng yang paling banyak dikumpulkan oleh kelompok yang bertanding.

Itu lah pembahasan mengenai permainan lari kelereng yang merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang selalu dimainkan pada saat merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Akan tetapi walaupun permainan ini sudah sangat akrab bagi hampir semua masyarakat kita tetap saja diluar dari perayaan 17 Agustus-an tidak ada satu orang pun yang mau memainkannya. Untuk itu dengan membaca artikel ini dapat membuat kita tahu bahwa permainan lari kelereng juga perlu untuk dilestarikan dengan cara tetap memainkan bersama dengan teman-teman yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal atau sekolah walaupun bukan pada saat menyambut perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Okey.

Oleh: Satria Dwi Saputro

Sumber Gambar:
1. http://www.hipwee.com/list/walau-sudah-dewasa-ragam-kegiatan-sd-menjelang-17-agustus-ini-akan-selalu-bikin-kamu-senyum-senyum-sendiri-mengenangnya/

Related Posts :