Kamis, 28 Juli 2016

Permainan Gobak Sodor Yang Sangat Direkomendasi Bagi Anak-Anak

Bagi orang awam atau anak-anak pasti terasa asing sekali dengan permainan gobak sodor atau bahkan tidak mengenalnya. Gobak sodor adalah permainan tradisional yang sering sekali dimainkan pada jaman dahulu dan terkenal pada masanya. Gobak sodor sendiri kini sudah jarang ditemui bahkan tidak ada yang pernah lagi memainkannya, karena seiring berkembangnya kemajuan teknologi. Cara memainkan permainan ini tidak terlalu sulit karena permainan ini sudah ada sejak lama jadi sudah banyak yang lupa cara memainkannya.

Permainan gobak sodor berasal dari Pulau Jawa atau lebih tepatnya di Jawa Tengah. Gobak sodor mempunyai cerita sejarah yang tersendiri yaitu pada zaman dahulu para prajurit di zaman kerajaan memainkan sodoran sebagai latihan keterampilan dalam berperang untuk melawan musuh. Sodor sendiri adalah alat tombak dengan panjang kira-kira 2 meter, tanpa mata tombak yang tajam pada ujungnya. Oleh karena itu, permainan tradisional tersebut dikenal dengan gobak sodor.


Gambar 1. Bermain Gobak Sodor Di Lapangan

Gobak sodor dikenal dengan permainannya yang memiliki aturan permainan tidak boleh menyentuh badan lawan atau harus terhindar dari kejaran lawan. Garis-garis penjagaan dibuat dari kapur sehingga bisa dimainkan di lapangan mana saja atau lapangan bulu tangkis. Permainan ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pertama sebagai penyerang dan kelompok kedua sebagai penjaga. Satu tim terdiri dari tiga sampai lima orang. Setiap tim harus memilih salah satu anggotanya untuk menjadi ketua yang bertugas sebagai gobag dan sodor.

Tim yang bertugas untuk menjaga harus berada di sepanjang garis horizontal yang telah dibuat. Tim tersebut bertugas untuk menghalangi lawan yang berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Sebagai tim jaga harus bisa memantau setiap pergerakan tim serang jangan sampai tim tersebut bisa menembus penjagaan tim jaga. Dalam permainan ini sangat dibutuhkan ketangkasan dan kecepatan.

Sebagai tim serang atau tim lawan harus bisa melewati semua garis melintang yang telah ditentukan untuk bisa memenangkan permainan ini. Untuk memenangkan permainan ini harus ada salah satu dari tim serang yang bisa kembali lagi ke pangkalan tanpa tersentuh tim jaga. Jika dalam tim serang ada yang berhasil melewatinya maka tim serang menang. Tetapi, bila ada salah satu dari tim serang yang tersentuh oleh tim jaga maka tim jaga menjadi pemenangnya. Untuk melanjutkan permainan, tim jaga berganti menjadi tim serang dan begitu seterusnya.

Permainan gobak sodor sangat baik untuk diperkenalkan kepada anak-anak. Permainan tradisional ini meskipun sudah jarang dimainkan, tetapi sangat seru untuk dimainkan di waktu senggang. Anak-anak pasti sangat menyukainya karena banyak manfaat positif yang bisa diambil selain itu tidak berbahaya bagi anak-anak. Permainan tradisional gobak sodor adalah pilihan permainan yang tepat bagi anak-anak.

Oleh: Jenny

Referensi tulisan:
1. http://googleweblight.com/?lite_url=http://gurukelas6sd.blogspot.com/2013/08/permainan-tradisional-galah-asin-gobak.html&ei=tNOYUwVx&lc=id-ID&s=1&m=96&host=www.google.co.id&ts=1469370227&sig=AKOVD6482_2dwvT7CPOEtP8qNi2nJ28eYg
Sumber gambar:
2. http://2.bp.blogspot.com/-QC8eU3mJRiA/UZueDLGp_bI/AAAAAAAAAIA/52UUk7EYTC4/s1600/946418_4772611122212_1633011927_n.jpg

Related Posts :