Minggu, 26 Juni 2016

Petak Umpet Permainan Tradisional Yang Populer

Permainan tradisional yang masih populer dan masih dimainkan oleh anak-anak adalah petak umpet. Banyak sekali permainan tradisional yang mungkin sekarang ini sudah tidak ada atau jarang sekali dimainkan oleh anak-anak karena banyaknya permainan yang didukung dengan teknologi yang canggih. Permainan tradisional ini tetap bertahan dan menjadi permainan tradisional yang masih dimainkan oleh anak-anak sekarang. Saat ini, permainan petak umpet masih dimainkan oleh anak-anak sd di beberapa sekolah. Banyak sekali hal-hal menarik yang membuat permainan ini masih digemari oleh kalangan anak-anak sampai saat ini.


Gambar 1. Permainan Petak Umpet Dimainkan Banyak Pemain

Permainan ini bisa dimainkan oleh banyak orang dan satu orang pemain yang kalah akan menutup matanya pada salah satu tempat yang dijadikan markas dan bertugas mencari pemain lain yang bersembunyi. Permainan ini harus dimainkan oleh banyak pemain itulah yang membuat anak-anak menyukainya selain itu bisa menambah kekompakan diantara pemain. Semakin banyak pemain maka permainan semakin seru. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak perempuan maupun laki-laki jadi semua anak bisa ikut permainan ini.


Gambar 2. Bermain Petak Umpet Di Halaman Rumah

Permainan ini tidak membutuhkan alat sehingga anak-anak bisa memainkannya kapan saja dan dimana saja. Biasanya paling sering dimainkan di lapangan sekolah karena halamannya yang luas dan banyak tempat yang bisa dijadikan tempat persembunyian. Karena alasan tersebut membuat banyak anak-anak memilih permainan ini untuk dimainkan saat istirahat apalagi tidak membutuhkan persiapan untuk memainkan petak umpet.


Gambar 3. Pemain Sedang Berlari Mencari Tempat Persembunyian

Anak-anak yang memainkan permainan ini akan dipacu adrenalinnya karena setiap pemain yang bersembunyi harus mencari tempat persembunyian yang tidak bisa diketahui oleh penjaga. Jika tempat persembunyian diketahui oleh penjaga maka pemain yang bersembunyi harus cepat berlari dan menyetuh tempat yang menjadi markas penjaga. Jangan sampai penjaga tersebut berlari terlebih dahulu kemudian menyentuh markas sambil menyebut nama pemain yang ketahuan tempat persembunyiannya.


Gambar 4. Para Pemain Sedang Berbaris Di Belakang Penjaga

Dalam permainan ini yang ketahuan tempat persembunyiannya belum tentu dia akan kalah dan harus menjaga. Karena hal tersebut maka anak-anak sangat menyukainya apalagi sangat mudah untuk dimainkan. Ketika semua pemain telah ketahuan persembunyiannya, maka pencari sambil menutup matanya menyebut salah satu nomor. Pemain lain ikut berbaris di belakang penjaga. Anak yang ada di urutan nomor yang disebut jika tadi kalah atau ketahuan tempat persembunyiannya maka dia akan jaga. Tetapi jika pemain lain yang berhasil terlebih dahulu menyentuh markas penjaga, maka penjaga tersebut kembali menjaga.

Permainan petak umpet adalah salah satu permainan tradisional yang masih bertahan menjadi permainan yang populer di kalangan anak-anak sekarang ini. Permainan tradisional yang telah ada sejak dulu tidak boleh hilang begitu saja, karena bisa dikatakan permainan tradisional memiliki banyak sekali manfaat positifnya dibandingkan negatifnya. Hal tersebut yang membuat permainan petak umpet dapat bertahan di masa sekarang ini.

Oleh : Jenny

Sumber Gambar:
1. http://popok.in/wp-content/uploads/2015/11/petak-umpet.jpg
2. https://peringatandinidotcom.files.wordpress.com/2016/01/petak-umpet.jpg?w=812
3. http://robitmh.com/wp-content/uploads/2015/12/petak-umpet.jpg
4. http://3.bp.blogspot.com/_ADhobbLdjlQ/TEXDmmC1coI/AAAAAAAAAHs/1wJIblev4ss/s1600/Petak+Umpet+12.jpg

Related Posts :