Senin, 02 Februari 2015

Permainan Adu Buah Getah (Karet, Cilong)

Mencermati permainan tradisional yang berkembang di suatu daerah sangat menarik. Umumnya permainan tradisional yang berkembang di suatu daerah sangat berhubungan erat dengan kondisi sosial budaya masyarakatnya. Dengan mencermati permainan tradisional suatu daerah kita bisa meneropong kondisi sosial budaya dan ekonomi yang berkembang di daerah tersebut pada zaman dahulu.

Permainan tradisional adu buah getah (karet, cilong) ini adalah salah satu contohnya. Dari permainan ini kita bisa mengetahui komoditi perkebunan yang menjadi andalan masyarakat di daerah tersebut.

Ya, permainan tradisional adu buah getah (karet, cilong) ini banyak berkembang di daerah Riau. Hampir di seluruh wilayah Riau Komoditi perkebunan yang banyak dibudidayakan dahulunya adalah pohon karet. Pohon karet ini menghasilkan buah dan biji yang dibiarkan jatuh begitu saja setiap saat. Biji yang buah getah yang berjatuhan ini kemudian diambil oleh anak-anak dan digunakan untuk bermain adu buah getah.

Perlengkapan Permainan


Gambar 1. Biji Buah Getah (Karet, Cilong)

Untuk bermain adu buah getah (karet) ini, perlengkapan dibutuhkan hanyalah biji buah karet. Pemain harus mengumpulkan beberapa buah biji karet terbaik untuk diadu. Setiap ronde permainan masing-masing pemain hanya memerlukan satu buah biji karet terbaiknya untuk diadu.

Cara Bermain


Gambar 2. Cara Bermain Adu Buah Getah (Karet, Cilong)

Permainan diawali dengan pengundian dengan cara suit. Pemain yang menang dalam undian berhak untuk menghantam biji buah getah lawan terlebih dahulu. Sementara pemain yang kalah harus merelakan biji buah karetnya berada di bawah biji karet pemain yang menang untuk dihantam atau diremukkan.

Permainan dilakukan dengan cara menyusun dua buah biji karet –yakni biji karet pemain yang kalah suit di bawah dan biji karet pemain yang menang suit di bagian atas—pada satu titik secara bertumpuk. Kemudian biji karet yang sudah disusun tersebut diremukkan dengan cara menekan tumpukan tersebut dengan tangan. Jika pada satu kali remukan tidak ada biji karet yang pecah, maka pemain diganti dengan yang lain hingga ada salah satu biji karet yang pecah. Adapun pemenangnya adalah pemilik biji karet yang tetap bertahan (tidak pecah) saat permainan.

Oleh karena itu, salah satu kunci untuk memenangkan permainan tradisional adu buah getah ini adalah harus pintar-pintar memilih biji buah getah yang keras dan tidak mudah pecah. Umumnya, anak-anak di daerah pedesaan yang terbiasa bermain adu buah getah ini sudah hafal betul ciri-ciri biji buah getah yang juara untuk mengikuti adu buah getah ini.

Adu buah getah adalah jenis permainan tradisional yang sangat sederhana. Tidak membutuhkan peralatan dan peraturan yang ribet. Namun, banyak pelajaran dan nilai-nilai positif yang bisa diambil dari permainan ini, diantaranya:
  • Sportivitas
    Sebelum memulai pertandingan pemain terlebih dahulu diundi dengan cara suit. Siapa yang kalah dalam pengundian tersebut harus sportif dan merelakan biji buah karet jagoannya diletakkan di posisi bawah untuk diremukkan. Demikian juga, bagi pemain yang biji buah karetnya hancur (remuk) dalam permainan tersebut harus mengaku kalah dan keluar dari arena permainan untuk selanjutnya digantikan dengan pemain lain.

  • Cerdas memilih biji buah getah berkualitas
    Untuk memenangkan permainan ini kita harus mengikutkan biji buah karet kualitas terbaik. Seperti dimaklumi buah karet yang berguguran di kebun karet sangat beragam, sekalipun ia berasal dari pohon yang sama. Ada yang tempurung bijinya sangat kuat, ada yang rapuh dan ada yang bijinya kosong sehingga mudah remuk. Biji buah karet yang kuat biasanya memiliki ciri-ciri; permukaan buahnya mengkilat, masih baru, lebih berat dan tidak mengeluarkan bunyi jika diguncang. Nah, untuk menjadi juara dalam permainan ini kamu harus cerdas memilih biji buah karet yang kuat dan keras.

  • Fokus dan tidak tergesa-gesa
    Tumpukan biji buah karet sangat mudah menggelinding dan runtuh. Oleh karena itu, agar bisa meremukkan biji buah karet lawat dengan tepat, kamu harus fokus dan tidak tergesa-gesa. Lakukan dengan cermat!

Demikian artikel pendek tentang permainan tradisional adu buah getah dari Provinsi Riau. Semoga bermanfaat!

Oleh: Neti Suriana
Sumber Gambar:
1. http://ukurbumi.blogspot.com/2012/07/adu-biji-buah-karet-permainan.html
2. http://srinoufryg.blogspot.com/2014/06/v-behaviorurldefaultvmlo.html

Related Posts :