Senin, 26 Januari 2015

Mengasah Kreativitas Dengan Permainan Yoyo

Tahukah kalian apakah yoyo itu? Yoyo merupakan sebuah alat permainan yang terdiri dari 2 cakram yang sama besar. 2 cakram tersebut (ada yang kayu, plastik, maupun logam) dihubungkan dengan suatu sumbu di tengah yang kemudian digulung dengan tali. Ujung tali yang satu terikat pada sumbu kedua cakram, sedangkan ujung tali lainnya yang akan kita pegang/ikat di jari kita.

Sejarah

Permainan yoyo pertama kali diciptakan oleh orang Yunani. Mereka menciptakannya sekitar tahun 500 SM dan menjadi populer sekitar tahun 1920. Barulah sekitar tahun 1930 muncul seorang usahawan yang bernama Duncan Palmer yang memproduksi mainan. Salah satunya adalah produksi pertamanya yang bernama Duncan O-BOY dan hal tersebut mengakibatkan permainan ini semakin populer.

Cara Bermain

Cara bermain yoyo memang terbilang cukup simpel dan sederhana. Ujung tali satu pada yoyo kita ikatkan pada salah satu jari kita dan sambil memegang yoyo. Kemudian lemparkanlah yoyo ke bawah dengan gerakan yang mulus. Setelah itu gerakkan sedikit ujung tali yang terikat ke jari kita sehingga yoyo akan kembali ke tangan. Begitulah cara sederhana untuk memainkan yoyo.


Gambar 1. Yoyo

Teknik Dasar Bermain Yoyo

Sebenarnya sewaktu tali yoyo terulur dari jari kita, yoyo berada dalam efek giroskopik (efek benda berputar) yang memberikan kita kesempatan untuk melakukan berbagai gaya/teknik bermain yoyo. Berikut ini merupakan beberapa teknik dasar dalam bermain yoyo:

  • Sleeper

    Teknik ini merupakan teknik paling dasar dalam permainan yoyo. Mula-mula genggam yoyo di tangan kita seolah-olah ingin menonjolkan otot kita. Setelah itu ayunkan yoyo ke bawah (usahakan lakukan dengan kuat tapi mulus). Yoyo akan berputar di ujung tali kira-kira 10-20 detik. Hal ini dinamakan “Sleep”. Sentakkan ujung tali yang berada di jari kita sehingga yoyo akan berputar kembali ke genggaman tangan kita.

  • Walk The Dog


    Gambar 2. Walk The Dog

    Teknik ini merupakan teknik yang juga sederhana dan merupakan kelanjutan dari teknik sleeper. Mula-mula kita melakukan sleeper sehingga yoyo berada dalam keadaan “sleep”. Kemudian perlahan sentuhkan ujung yoyo ke tanah sehingga yoyo akan menggelinding. Ikuti terus arah putarannya dan sentak kembali tali yoyo sebelum yoyo berhenti berputar.

  • Forward Pass

    Jangan memakai teknik ini untuk membahayakan orang lain. Mula-mula genggamlah yoyo dengan telapak tangan dihadapkan ke belakang dan posisi tangan di samping. Kemudian gerakkan tangan kita ke arah depan dan lemparkanlah yoyo secara horizontal. Sentak kembali ujung tali di jari kita sehingga yoyo tidak akan berhenti berputar ketika dilempar.

Hubungan Dengan Kreativitas

Permainan yoyo memang terbukti dapat meningkatkan kreativitas kita. Contohnya yaitu kita dapat memvariasikan berbagai teknik dalam permainan ini sehingga menarik untuk dipertunjukkan. Banyak pemain yoyo profesional yang telah berhasil melakukan berbagai teknik yang sangat menarik.

Oleh: Stevanus

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Yoyo
http://yehudasurvive.blogspot.com/2012/01/trick-dasar-bermain-yo-yo.html

Gambar:
1. http://www.orso.biz/Uploads/Products/HiRes/G524_1_Yo_Yo.jpg
2.http://www.myfamilyinspain.com/wp-content/uploads/2013/09/P8270719.jpg

Related Posts :