Selasa, 20 Januari 2015

Fakta-Fakta Perepet Jengkol

Perepet jengkol adalah permainan tradisional yang berasal dari rakyat sunda. Perepet jengkol biasanya dimainkan secara berkelompok. Anak laki-laki atau perempuan bisa memainkan permainan ini. Biasanya satu kelompok berisi tiga sampai empat orang. Permainan ini jarang sekali dimainkan karena semakin menariknya permainan sekarang dengan teknologi yang semakin maju.

Permainan ini masih populer di kampung-kampung atau pedesaan. Biasanya permainan ini digunakan untuk penyambutan warga desa yang baru datang. Untuk memainkan ini, biasanya diiringi bersama musik tradisional sambil melantunkan lirik Perepet jengkol jajahean kadempet kohkol jejeretean yang dipimpin oleh seorang dalang. Kita bisa memainkan permainan ini untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada orang lain. Lirik tersebut dinyanyikan secara berulang ulang. Dalam permainan ini, dibagi menjadi beberapa kelompok. Cara permainan perepet jengkol dilakukan dengan saling membelakangi kemudian kaki kiri saling dikaitkan dengan kaki anggota lainnya. Kita bisa memegang tangan teman kita supaya tidak terjatuh. Biasanya pada malam hari, banyak anak-anak di pedesaan berkumpul di halaman untuk bermain perepet jengkol.


Gambar 1. Populer di pedesaan

Permainan perepet jengkol ini masih populer di kalangan anak-anak. Seperti kita lihat di gambar, masih ada anak-anak yang bermain perepet jengkol. Sebenarnya permainan ini tidak sulit untuk dimainkan. Kaki semua anggota dikaitkan menjadi satu kemudian saling berpegangan tangan. Kaki dikaitkan erat dengan kaki teman kita, supaya saat memutar kita tidak gampang terjatuh. Permainan ini sangat membutuhkan keseimbangan untuk tidak jatuh dan kekompakan bersama anggota lainnya sangat diperlukan. Kekompakan dibutuhkan supaya kita bisa berputar ke kiri atau kanan seirama dengan teman teman. Jika kita bisa konsentrasi dan fokus, maka tidak akan terjatuh. Permainan ini bisa menjadi pilihan anak-anak untuk memainkannya di waktu istirahat karena tidak terlalu berbahaya.


Gambar 2. Bermain perepet jengkol di waktu luang

Permainan tradisional ini berbeda dari permainan lainnya karena permainan ini tidak ada yang kalah dan menang. Permainan ini hanya untuk senang-senang bersama teman-teman karena itulah yang menjadi daya tarik permainan perepet jengkol. Permainan ini tidak membutuhkan biaya yang mahal dan tidak sulit untuk dimainkan. Untuk memainkan permainan ini dibutuhkan tempat yang luas dan harus menghafal lirik lagu perepet jengkol. Lihatlah betapa bahagianya anak-anak itu memainkan permainan ini bersama teman temannya meskipun harus kepanasan dengan sinar matahari.


Gambar 3. Bermain perepet jengkol

Perepet jengkol adalah salah satu permainan tradisional yang harus kita lestarikan dan jangan sampai hilang. Banyak manfaat positif yang bisa kita ambil dari permainan perepet jengkol. Ternyata di Indonesia ini masih ada permainan tradisional yang sangat bermanfaat sekali. Jarang sekali kita temukan permainan ini, jadi kita harus menjaga dan melestarikannya hingga ke generasi penerus kita. Kita harus bangga memiliki permainan tradisional perepet jengkol.

Oleh : Jenny
Referensi:
http://humaskuningan.blogspot.com/2011_09_24_archive.html?m=1
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Pérépét_Jéngkol
https://yadis9.wordpress.com/2009/06/23/perepet-jengkol/

Gambar:
1. http://www.diciamis.com/wp-content/uploads/2012/11/Perepet-Jengkol-Kaulinan-Urang-Lembur.jpg
2. http://fotokita.net/dat/photo/960/0/12/041247238921_9854999/b/image.jpg
3. http://3.bp.blogspot.com/-9aGUCz7T8dE/ToKKa-OZsiI/AAAAAAAADSQ/_juTPjHNkDg/s1600/4.jpg

Related Posts :