Senin, 29 Desember 2014

Permainan Tradisional yang Mendunia: Monopoli (Part 2)

Aturan Permainan
  • Para pemain monopoli terdiri dari 3-4 pemain. Papan permainan monopoli diletakkan di sebuah meja yang cukup besar. Kartu-kartu seperti dana umum, kesempatan, dan sejenisnya diletakkan secara terbalik di atas papan permainan. Kartu-kartu tersebut sebelumnya telah diacak terlebih dahulu sehingga para pemain tidak akan tahu kartu apa yang akan mereka ambil. Sedangkan kartu-kartu hak milik properti maupun uang akan diletakkan di sebelah papan monopoli.
  • Sebelumnya para pemain telah diberikan modal awal berupa uang sebesar 1500$. Para pemain sebelumnya juga harus menentukan siapa yang akan melempar dadu terlebih dahulu sebagai tanda awal mulainya permainan.
  • Bidak-bidak untuk para pemain diletakkan di petak awal START. Para pemain akan menggerakkan bidaknya sesuai dengan angka dadu yang telah dilempar. Bidak-bidak tersebut digerakkan secara berputar searah jarum jam.
  • Ketika pemain berhenti di petak properti yang belum dibeli, pemain berhak menentukan pilihannya untuk membeli atau tidak membeli properti tersebut. Sebaliknya, bila pemain berhenti di petak properti yang sudah dibelinya, pemain juga berhak untuk menjualnya kembali tentunya dengan harga yang lebih murah dibandingkan saat pembelian. Pemain juga dapat membangun rumah atau hotel pada setiap properti yang dimilikinya. Perlu diketahui sebelum membangun sebuah hotel, pemain harus sudah membangun minimal 3-4 rumah barulah dapat membangun hotel.
  • Membangun rumah atau hotel sangat menguntungkan bila ada lawan pemain yang tepat berhenti di petak properti milik kita. Lawan tersebut harus membayar biaya sewa properti, rumah, ataupun hotel sesuai dengan tarif yang telah ditulis di kartu hak milik properti pemain.
  • Ketika pemain berhenti tepat di petak dana umum, kesempatan, atau sejenisnya, pemain akan mengambil kartu tersebut diantara tumpukan kartu-kartu yang disusun terbalik dan tertutup di atas papan permainan. Pemain akan melakukan semua instruksi yang telah tertera pada kartu yang diambilnya. Bisa menguntungkan (contohnya pemain akan mendapatkan bonus sejumlah dollar) maupun merugikan (contohnya pemain akan membayar pajak, ataupun biaya-biaya lainnya yang intinya menghabiskan uang yang kita miliki).
  • Pemain dinyatakan kalah jika pemain benar-benar sudah kehabisan uang dan tidak dapat membayar hutang. Segala kekayaan (properti, rumah, hotel dan sebagainya) akan dilelang dan pemain tersebut berhenti bermain.
  • Pemain yang memenangkan permainan adalah pemain yang memiliki jumlah uang, properti, rumah, dan hotel terbanyak dari semua pemain.

Manfaat Permainan Monopoli
  • Permainan monopoli dapat melatih kreativitas dan keterampilan seseorang dalam berpikir. Hal tersebut dikarenakan permainan monopoli memerlukan strategi dan berbagai teknik untuk memenangkannya.
  • Permainan monopoli dapat mengajarkan anak untuk mahir berhitung.
  • Permainan monopoli dapat melatih kemampuan untuk memecahkan setiap masalah. Seperti pada waktu kita bermain dan kemudian kita terlilit hutang. Pada saat itu kita akan berpikir bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Oleh : Stevanus
Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Monopoli_%28permainan%29
http://www.tonfeb.com/2014/03/manfaat-mainan-papan-untuk-anak.html

Related Posts :