Kamis, 27 November 2014

Permainan Tradisional Yang Mendunia - Lompat Tali

Indonesia memang kaya akan budaya dan warisan turun temurun yang sebagiannya masih lestari hingga hari ini. Salah satu warisan budaya yang masih lestari tersebut adalah permainan tradisional. Namun ternyata permainan tradisional nusantara yang selama ini kita kenal dan mainkan, telah dimainkan pula di negeri-negeri asing.

Apa sajakah permainan tradisional Indonesia tersebut? Beberapa diantaranya akan dikupas secara detail di bawah ini.

2. Lompat Tali

  • Cara Bermain
    Lompat tali merupakan permainan populer di kalangan anak perempuan, tapi karena keseruan saat memainkannya banyak juga anak laki-laki yang tertantang memainkan permainan ini. Permainan ini juga memiliki beberapa sebutan di tiap daerah, seperti yeye, tali merdeka, lompatan dan main karet. Permainan membutuhkan keterampilan khusus karena harus melompati tali yang terbuat dari jalinan karet gelang sepanjang 2 hingga 4 meter. Permainan ini dimainkan oleh minimal tiga orang, di mana dua orang adalah penjaga yang memegangi kedua ujung karet dan sisanya adalah orang yang berayun di antara karet yang diputar atau melompat melewati karet yang dipegang laksana tiang. Ada pula pemain yang harus berayun di atas karet yang tegak dan tidak berputar. Selain itu mungkin masih banyak lagi varian dalam memainkan permainan karet atau lompat tali.


    Gambar 1. Lompat tali

  • Sejarah dan Asal Muasal
    Hingga kini belum jelas juga dari mana asal muasal permainan ini. Namun banyak pihak menduga bahwa permainan yang sangat populer di tahun 70-an hingga 80-an ini berasal dari Eropa yang dibawa ke Nusantara dan dimainkan oleh anak-anak Belanda pada masa penjajahan. Hal ini sangat relevan mengingat permainan lompat tali di Belanda juga dipegang oleh dua orang sedangkan satu orang melompat di antara putaran talinya. Sedangkan di wilayah Eropa lainnya, permainan ini dimainkan oleh satu orang saja sebagaimana yang biasa dimainkan saat lompat tali ketika sedang berolahraga.

    Meski belum jelas benar asal mula permainan ini, namun beberapa pihak mengatakan bahwa permainan ini telah dimainkan di Mesir sejak 1600 tahun sebelum Masehi. Namun terdapat pula argumen yang menyatakan permainan ini berasal dari China mengingat variasi permainan lompat tali begitu beragam di negeri tersebut hingga ke dataran Jepang. Namun ada pula pendapat yang mengatakan bahwa suku Aborigin di Australia telah memainkan permainan ini turun-temurun, mereka menggunakan media bambu, atau tanaman merambat lain yang ada di hutan.

  • Perkembangan Dan Budaya Populer
    Dalam bahasa Inggris permainan lompat tali berarti skipping rope. di Indonesia istilah ini merujuk pada olahraga skipping yaitu melompati tali yang diayunkan oleh pemainnya melewati kepala dan kaki. Olahraga ini dipercaya efektif dalam membakar lemak dan menambah tinggi badan. Tali pemutarnya bukanlah yang terbuat dari jalinan karet gelang, namun tali khusus yang dapat diperoleh di toko peralatan olahraga.

    Di Amerika Serikat permainan ini disebut jump rope, di Kanada disebut rope skipping. Di Negara-negara tersebut lompat tali dimainkan secara individu. Sedangkan di Jepang permainan ini dimainkan oleh kelompok besar di mana lebih dari sepuluh orang melompati satu putaran tali secara bersamaan.


    Gambar 2. Perkembangan lompat tali

Selain permainan tradisional lompat tali ini, masih banyak lagi permainan tradisional Indonesia yang juga dimainkan oleh anak-anak di dunia. Apa sajakah permainan itu? Tunggu ulasannya dalam artikel selanjutnya.

Oleh : Tika Dwi
Sumber:
http://www.ropeskippingcanada.com/index.php/what-is-rope-skipping/
http://en.wikipedia.org/wiki/Skipping_rope
http://gpswisataindonesia.blogspot.com/2014/01/sejarah-permainan-tradisional-lompat.html

Gambar:
1. http://gpswisataindonesia.blogspot.com/2014/01/sejarah-permainan-tradisional-lompat.html
2. https://www.flickr.com/photos/sueannsimon/7948824886/?rb=1

Related Posts :